Danau Beko Margasari, yang berlokasi di Kecamatan Margasari, tepatnya di Desa Jatilaba, Kabupaten Tegal ini memiliki pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi, khususnya saat liburan panjang atau hari libur nasional.

Asal Usul 

terdapat desas desus terkait kemunculan danau tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, konon danau itu berawal dari kejadian musibah oleh seorang penambang kapur. Ketika si penambang tengah membuat lubang untuk menanamkan bahan peledak, tiba-tiba tanah yang dipijak amblas ke dalam air sedalam sekitar delapan meter.

Kejadian tersebut membuat heboh warga sekitar dan banyak yang berdatangan karena kabar dan desas desus bahwa di Gunung Karang muncul sebuah danau. Ada juga yang menyebutkan bahwa danau ini dulunya sungai bawah tanah yang sering digunakan lokasi berenang oleh warga sekitar dengan loncat dari atas bukit yang tidak terlalu tinggi.

Dasar Danau Beko, ditumbuhi lumut yang memberikan pantulan warna hijau yang menarik, terutama bagi Anda yang berkunjung saat cuaca cerah. Degradasi warnanya kadang berubah dari hijau agak kebiruan. Pemandangan di sekitar danau sangat indah berupa tebing-tebing kapur yang menjulang hingga 15 meter, air yang jernih, dan tumbuhan hijau di sekitarnya.

Tempat wisata ini dapat digunakan sebagai tempat rekreasi dan spot foto yang instagramable.

  • Ada lima danau di kawasan tersebut yang letaknya bersebelahan dengan luas bermacam-macam. Ada danau dengan luas 300 meter persegi, 450 meter persegi, dan 600 meter persegi yang bentuknya memanjang. Danau keempat dan kelima mempunyai luas 1.200 meter persegi dan 4.500 meter persegi.
  • Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung saat berada di Danau Beko. Menikmati pemandangan Pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar dalam suasana tenang. Foto Danau Beko dapat menjadi spot foto yang instagramable dengan pemandangan danau, tebing, dan perbukitan. Menikmati sunset Danau Beko juga merupakan spot untuk melihat sunset. Berenang Pengunjung juga dapat berenang di sekitar Danau Beko. Rute Danau Beko Jarak tempuh Danau Beko dari Kota Tegal sekitar 33,4 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Perjalanan dapat melalui Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Pemuda, Jalan Sultan Agung, Jalan Raya Jatibarang-Brebes, Jalan Pramuka, dan Jalan Margasari-Jatibarang.

 

Bagi Anda yang ingin berkunjung, disarankan untuk tidak musim hujan karena akses jalan yang menuju ke danau belum di aspal jadi masi menggunakan batu kapur yang setiap hujan pasti jalan akan licin, jadi yang ber kunjung didanau beko pas musim kemarau,dan disarankan untuk menghindari waktu siang hari di mana matahari sangat terik bersinar.Karena kondisi danau yang tidak ada tempat teduh akan membuat pengunjung kepanasan. Destinasi wisata ini memiliki sejumlah fasilitas, seperti area parkir, mushola, kamar mandi/MCK.